Penyebab Asam Lambung Yang Sering Terjadi

Pada kesempatan pagi ini saya ingin berbagi informasi tentang penyebab asam lambung yang sering terjadi. Penyakit asam lambung terjadi ketika kondisi lambung mengalami gangguan sehingga kadar asam tidak seimbang. perlu anda ketahui bahwa asam lambung merupakan zat yang diperlukan oleh tubuh untuk mencerna protein pada makanan dalam proses pencernaan. Kadar asam lambung yang normal biasanya mempunyai kadar pH 1.5 hingga 3.5 (termasuk asam). Cairan asam ini terdiri dari Natrium Klorida (Nacl), Asam Hidroklorida (HCl) dan Kalium Klorida (KCl).

Orang yang mengalami asam labung biasanya merasakan begah di perut. Bila anda mengalami begah sampai merasakan adanya gas yang keluar melalui kerongkongan sedangkan perut anda terasa tidak nyaman, kemungkinan besar asam lambung anda naik. Orang biasanya tidak bisa membedakan antara penyebab asam lambung naik dengan sakit maag. Meskipun keduanya memiliki gejala yang hampir sama namun tetap mempunyai perbedaan. Anda bisa cek bahasan lebih lengkap dilink berikut untuk gejala asam lambung .
penyebab asam lambung

Apa Penyebab Asam Lambung?

Asam lambung naik atau yang dalam dunia medis dikenal dengan istilah Gastro Esophageal Reflux Disease (GERD) adalah kondisi naiknya asam lambung karena adanya gangguan di Lambung. Istilah naiknya asam lambung sampai ke kerongkongan ini disebut reflux. Hal ini dikarenakan lambung mengalami iritasi yang menyebabkan banyaknya produksi asam lambung sehingga kadar cairan asam dalam saluran pencernaan menjadi berlebih dan tidak seimbang.

Perbedaan umum antara sakit maag dengan GERD adalah naiknya asam lambung tersebut hingga ke kerongkongan bahkan sampai kemulut. Pada sakit maag kondisi tersebut tidak terjadi melainkan hanya sakit perut / mual pada lambung saja. Perbedaan yang lebih mencolok adalah GERD menyebabkan perasaan sakit di dada hingga terasa seperti terbakar.

Penyebab asam lambung naik ini biasanya berbeda-beda tiap orang, faktor gaya hidup dan kondisi lingkungan cukup mempengaruhi kesehatan lambung. Perlu anda ketahui juga penyakit ini biasanya mencapai puncaknya ketika anda berusia antara 35 – 40 tahun. Pada usia tersebut produksi air liur yang berfungsi untuk menetralkan kadar pH pada kerongkongan mulai berkurang. Karena pengontrol pH cairan asam alami dalam tubuh mulai berkurang mengakibatkan asam lambung sering naik dan menggangu kesehatan penderitanya.

Polusi udara juga merupakan penyebab asam lambung yang sering terjadi. Jika anda seorang perokok, saya sarankan untuk menghentikan aktivitas tersebut. Anda juga harus membiasakan untuk menggunakan masker jika berada di daerah yang udara nya tidak begitu bersih. Penyebab lain yang kadang tidak anda sadari adalah terlalu banyak makan/jadwal makannya tidak teratur dan tidur setelah makan. Saya perlu mengingatkan kepada anda bahwa aktifitas tidur setelah makan merupakan aktifitas yang tidak disarankan. Tidur kurang dari 2 – 3 jam setelah makan merupakan faktor penyebab naiknya asam lambung yang tidak disadari oleh banyak orang. Beberapa jenis makanan juga merupakaan penyebab asam lambung naik. Saya sarankan untuk mengurangi beberapa makanan dibawah ini jika anda sering merasakan perih di dada dan mual.

A. Gorengan

Apablia anda penggemar berat gorengan, anda perlu berfikir ulang jika anda tergolong sering mengalami asam lambung. Kandungan lenak jenuh yang terdapat pada gorengan dapat mengakibatkan kambuhnya asam lambung. Lebih baik mengonsumsi makanan yang direbus karena selain mengurangi lemak jenuh / kolesterol, makanan yan direbus lebih aman dan sehat untuk di konsumsi.

B. Minuman Bersoda

Minuman bersoda terkenal tidak bersahabat dengan lambung, terlebih untuk orang yang tidak memiliki lambung yang sehat. Minuman bersoda ini mengandung karbon yang dapat meningkatkan kadar asam pada lambung yang memicu GRED.

C. Tomat

Tomat memang banyak mempunyai manfaat untuk khasus yang lain. Sayangnya tomat tidak terlalu bersahabat dengan lambung yang mempunyai riwayat lambung tak sehat. Tomat memiliki kandungan asam yang tinggi sehingga memicu kambuhnya asam lambung.

D. Makanan/minuman/ buah-buahan yang Asam

Makanan/minuman penyebab asam lambung yang sebaiknya anda hindari adalah makanan yang rasanya asam. Sesuatu yang asam bila dikonsumsi ketika sakit lambung membuat kadar keasaman pada lambung tidak seimbang. Contoh paling sederhana adalah es jeruk nipis, anda perlu menghindari minuman jeruk nipis ketika asam lambung anda naik.

Berhubung banyaknya penyebab yang mengakibatkan asam lambung naik, mulai sekarang mulailah hidup yang lebih berkualitas dan pilih makanan yang tepat untuk menjaga tingkat pH di dalam lambung. Kebiasaan tidur setelah makan juga harus dihindari karena merupakan salah satu penyebab asam lambung yang paling sering terjadi.