Penyebab Kencing Manis yang Tidak Disadari

Barangkali anda tidak menyadari beberapa kebiasaan ini merupakan penyebab kencing manis. Kadang kita memang tak sadar bahwa pola hidup sehat sering diabaikan. Perkembangan zaman membuat manusia lebih suka dengan hal yang praktis dan instan. Kesibukan juga merupakan salah satu faktor utama bag warga perkotaan yang tidak dapat menjaga kebugaran tubuh yang mengakibatkan kegemukan. Kegemukan / obesitas dapat diperoleh karena keturunan dari lahir maupun pola hidup yang kurang baik. Perlu anda ketahui bahwa obesitas merupakan salah satu penyebab penyakit kencing manis pada beberapa tipe kasus, terutama untuk kencing manis tipe 2.

 penyebab kencing manis

Penyebab Penyakit Kencing Manis

Penyakit kencing manis atau yang dikenal dengan Diabetes Melitus merupakan akibat dari gangguan metabolisme tubuh dimana pankreas tidak dapat memproduksi insulin dengan baik. Diabetes Melitus juga bisa terjadi karena garis keturunan, bahkan para ahli kesehatan mengatakan bahwa keturunan dari penderita diabetes memiliki resiko yang cukup besar untuk mewarisinya. Oleh karena itu bagi yang memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes perlu menjaga pola hidup yang sehat.

Pada artikel sebelumnya saya telah membahas mengenai pengertian diabetes melitus / penyakit kencing manis. Silahkan membaca artikel tersebut bagi yang belum mengetahui kenapa penyakit ini bisa terjadi pada manusia. Ada bahasan yang cukup lengkap untuk lebih mengenal mengenai diabetes melitus. Saya hanya mau mereview saja pokok bahasan pada artikel tersebut. Diabetes melitus adalah ketidakmampuan tubuh untuk mengkonversi Glukosa dari makanan karena kurangnya insulin. Glukosa diperoleh dari karbohidrat dan gula yang terkandung dalam makanan yang dikonsumsi manusia. Glukosa ini sebenarnya sangat bermanfaat bagi tubuh terutama untuk tenaga / energi. Insulin sendiri merupakan hormon yang dihasilkan oleh tubuh di Pankreas. Insulin berguna membakar glukosa menjadi energi, tapi pada penderita diabetes melitus jumlah insulin tidak mencukupi bahkan pada diabetes tipe 1 sulit sekali memperoduksi insulin.

Pada artikel sebelumnya saya juga membedakan penyakit kencing manis menjadi 3, yaitu tipe 1, tipe 2 dan gestational. Ketiga tipe tersebut memilik penyebab yang berbeda. Kencing manis tipe 1 biasanya terjadi pada anak-anak, dimana zat antibodi menggerogoti sendiri tubuhnya. Hal semacam ini dalam dunia media disebut autoimmune, yang pada kasus sebenarnyaa pankreas tidak dapat memproduksi insulin sebagai mestinya karena diserang zat antibodi.

Penyebab kencing manis tipe 2 biasanya karena faktor pola hidup yang kurang baik. Pada tipe 2 ini, pankreas masih bisa memproduksi insulin dalam jumlah yang kecil dan itu tidak cukup untuk memecah glukosa menjadi energi. Diabetes tipe 2 ini merupakan tipe yang paling umum terjadi di masyarakat. Orang dewasa lebih sering mengalami tipe 2 ini tapi anak-anak juga bisa menderita penyakit ini jika dia obesitas.

Tipe terakhir adalah gestational, dimana tipe penyakit kencing manis ini hanya terjadi pada kaum wanita. Kehamilan merupakan faktor utama dari diabetes gestational. Pada saat hamil plasenta memproduksi hormon yang menyebabkan resistensi indulin.

Dari ketiga tipe penyakit kencing manis tersebut, tentu saja memiliki gejala yang biasanya terjadi, anda dapat membaca lebih lanjut mengenai hal tersebut di artikel tentang gejala kencing manis. Anda bisa menggunakan gejala tersebut untuk mengetahui langkah penanganan awal agar penyakit ini tidak semakin parah.

Selanjutnya saya ingin menyampaikan kebiasaan buruk yang kita tidak sadari bahwa kebiasaan tersebut merupakan penyebab kencing manis. Meskipun sepele namun jika tidak segera diubah kebiasaan ini dapat memperburuk keadaan. adapun kebiasaan yang mengakibatkan kencing manis adalah:

A. Suka Minum Teh Manis

Meskipun teh banyak manfaatnya anda perlu berhati-hati jika menjadi penggemar berat teh manis, apalagi jika memiliki keluarga dengan riwayat penyakit kencing manis. Disadari atau tidak, teh manis mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Dari segelas teh manis yang anda minum mengandung sekitar 300an kalori, jika minum beberapa gelas sehari anda bisa menghitung sendiri berapa kalori yang anda dapatkan dari minum teh manis. Padahal jumlah kalori yang sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh hanya sekitar 1200 hingga 1500 kalori tergantung berat badan dan aktivitas yang dilakukan. Saran saya mulailah membiasakan diri minum teh tanpa gula, anda juga bisa menggantinya dengan minum air putih saja.

B. Istirahat yang kurang

Saya juga pernah membahas masalah tidur dengan obesitas pada artikel Cara Hidup Sehat. pada artikel tersebut saya membahas bagaimana korelasi antara kurang tidur dengan nafsu makan. Penelitian yag dilakukan di Universitas Chicago menyebutkan bahwa kurang tidur membuat nafsu makan meningkat dan mudah lapar. Kurang tidur juga menurunkan kemampuan tubuh untuk mengkonversi glukosa menjadi energi, hal ini tentu saja membuat kadar gula darah yang tinggi dan merupakan penyebab kencing manis.

C. Kurang Olahraga

Kurangnya olahraga rutin juga merupakan faktor utama obesitas. Orang yang memiliki aktivitas yang cukup banyak dan disertai dengan olahraga yang cukup dapat mengurangi resiko penyakit kencing manis, hal ini seperti yang dinyatakan oleh badan WHO. WHO menyatakan bahwa kegiatan seperti berjalan, bersepeda dan aktivitas produkktif lainnya membuat badan lebih sehat dan metabolisme tubuh menjadi lebih baik.

D. Pil Kontrasepsi

Pil kontrasepsi juga bisa menyebabkan penyakit kencing manis. Kandungan hormon estrogen dan progestin pada pil kontrasepsi membuat pankreas kesulitan untuk memproduksi insulin yang cukup. Hormon ini cukup menggangu kinerja pankreas, sehingga penggunaan pil dengan jangka waktu yang lama dapat mengakibatkan pankreas tidak berfungsi sebagaimana mestinya. Jika anda memiliki keluarga dengan riwayat penyakit diabetes anda perlu mengkonsultasikan hal ini kepada dokter.

E. Minuman Bersoda

Meskipun tampak menyegarkan, minuman bersoda tidak bersahabat dengan penderita penyakit kencing manis. Soda merupakan minuman yang menyebabkan kegemukan, jadi saya sarankan jangan terlalu banyak minum minuman bersoda. Anda bisa menggantina dengan minum air putih atau jus buah yang kaya akan manfaat.

 

Cara Mencegah Kencing Manis

Kata pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati. Hal ini rupanya juga berlaku untuk penyakit kencing manis. Setelah anda tahu penyebab kencing manis, anda pasti akan melakukan pencegahan agar tidak terserang penyakit ini. Mengobati penyakit kencing manis bisa membutuhkan biaya yang cukup banyak namun dengan langkah preventif anda bisa mengurangi reskio tersebut. Pola hidup sehat memang perlu dicanangkan dari mulai hari ini, ketika anda membaca artikel ini. Anda perlu menjauhi kebiasaan buruk yang telah saya sampaikan diatas, meskipun hanya beberapa namun anda bisa mengembangkannya sendiri. Ingat selalu bahwa obesitas juga penyebab diabetes, jadi yang menyebabkan obesitas lebih baik dihindari. Asupan makanan bergizi juga perlu diperhatikan, jangan hanya mengandung karbohidrat dan karbodidrat saja. Jika anda adalah orang sibuk, usahakan untuk tetap beristirahat yang cukup, stress juga dapat mengakibatkan diabetes.

Mungkin saya cukupkan sampai disini untuk hari ini, semoga anda bisa merubah pola hidup anda menjadi hidup yang sehat dan berkualitas setelah membaca mengenai penyebab kencing manis ini.