Penyebab Penyakit Lupus dan Gejala Lupus

Pada kesempatan kali ini saya ingin membahas mengenai penyebab penyakit lupus dan gejala yang menandainya. Penyakit lupus atau dalam dunia medis disebut lupus eritematosus merupakan salah satu penyakit berbahaya dan bisa membuat penderitanya meninggal dunia. Saya akan membahasnya mulai dari pengertian apa sih sebenarnya lupus itu, kemudian apa yang menyebabkan terjadinya penyakit lupus serta tanda-tanda penyakit lupus sehingga teman-teman bisa mengetahui lebih dalam tentang penyakit ini dan lebih tanggap jika ada sanak keluarga yang mungkin karena kurang beruntung harus mengalaminya.

gejala lupus

Penyakit Lupus

Penyakit lupus adalah penyakit peradangan kronis yang terjadi kaerna sistem kekebalan tubuh yang seharusnya menjaga dan melindungi kita dari penyakit malah menyerang jaringan dan organ tubuh penderita, hal ini lah mengapa penyakit lupus juga dikatakan sebagai penyakit autoimun kronis. Kronis sendiri artinya gejala / tanda-tanda penyakit ini bisa terjadi lebih dari 6 bulan bahkan bertahun-tahun. Saya juga telah menyebutkan bahwa penyakit autoimun ini merupakan salah satu kelainan kekebalan tubuh yang menyebabkan penyakit liver pada artikel sebelumnya.

Penyakit lupus adalah penyakit yang cukup sulit dikenali karena sifatnya yang kadang mirip dengan gejala penyakit lain, hal ini karena peradangan lupus bisa terjadi pada sistem tubuh yang berbeda-beda satu sama lain, diantaranya pada bagian kulit, sendi, ginjal, otak, paru-paru dan jantung. Hal yang terjadi pada sebagian besar penderita penyakit lupus adalah adanya bercak merah yang bentuknya menyerupai sayap kupu-kupu diwajah, namun aja juga penderita yang tidak memiliki tanda-tanda penyakit lupus ini. Mengenai penularan, lupus tidak bisa ditularkan bahkan dengan hubungan badan / kontak langsung namun ada kemungkinan faktor genetika bisa mengakibatkan lupus.

Penyebab Penyakit Lupus

Penyebab penyakit lupus masih berkaitan dengan istilah autoimun seperti yang saya bahas diatas. Autoimun terjadi karena tubuh tidak bisa membedakan antara “bakteri jahat” dan “bakteri baik”. “Bakteri baik” dalam hal ini sebagai bagian antibodi yang diperoleh dari protein dan berfungsi untuk menghancurkan “bakteri jahat” yang biasanya berupa virus atau kuman, sehingga yang tadinya bersifat antibodi menjadi autoantibodi yang artinya semua bakteri tersebut menyerang sistem kekebalan tubuh sendiri. Meskipun belum ada kepastian mengenai penyebab penyakit lupus, namun beberapa hal ini dikabarkan mempengaruhi terjadinya lupus:

a. Faktor Genetika

Adanya kecenderungan beberapa orang ditakdirkan mengalami lupus dan mengembangkan lupus dalam dirinya. Seperti yang telah saya sampaikan, penyebab penyakit lupus belum diketahui secara pasti, namun sebagian orang mengalaminya karena ada faktor genetika.

b. Sinar Matahari

Sinar matahari dapat menjadi salah satu faktor terjadinya lupus. Paparan sinar matahari dapat membawa pada lesi kulit lupus atau memicu respons internal pada orang yang rentan.

c. Konsumsi Obat-obatan

Lupus juga bisa terjadi karena penggunaan obat-obat antibiotik, anti kejang dan obat tekanan darah. Jika gejala lupus terjadi karena mengkonsumsi obat-obatan jenis ini lebih baik dihentikan terlebiih dahulu karena lupus yang diakibatkan oleh obat-obatan bisa hilang ketika penderita menghentikan penggunaan obat-obatan semacam itu.

Gejala Lupus

Meskipun gejala penyakit lupus berbeda antara satu orang dengan orang lain dan sulit dikenali, namun berikut ini beberapa tanda-tanda penyakit lupus yang secara umum :

a. Butterfly Rash / ruam wajah berbentuk kupu-kupu

Gajala lupus yang paling umum adalah adanya ruam-ruam berwarna merah yang berbentuk seperti kupu-kupu, dikatakan seperti kupu-kupu karena ruam-ruam tersebut membentuk sayap pada kedua pipi dan mengecil ketika ruam melewati hidung ( tubuh kupu-kupu). Jika anda atau sanak saudara yang mempunyai tanda-tanda seperti ini usahakan langsung berkonsultasi kepada dokter.

b. Discoid rash / ruam klasik

Discoid rash / ruam yang berbentuk seperti lingkaran dimana pada bagain luar ruam berwarna lebih merah dibandingkan bagian tengah. Ruam ini terjadi pada lupus jenis discoid. Ruam ini akan menjadi parah jika terkena sinar matahari

c. Kelelahan Berlebih

Kelelahan berlebih merupakan salah satu yang cukup gejala yang relatif, yang berarti ada beberapa orang yang tidak mengalaminya

d. Sensivitas Terhadap Sinar Matahari

Orang yang memeliki lupus biasanya tidak tahan dengan sinar matahari, karena sinar matahari dapat menimbulkan gejala yang lebih parah

e. Sariawan

Orang yang mengalami lupus biasanya sering sariawan atau biasa disebut oral ulcers, sariawan ini terjad pada dinding-dinding mulut dan hidung.

f. Nyeri Sendi, Kaku dan Pembengkakan

Peradangan yang terjadi pada sendi membuat tubuh merasa nyeri, kaku dan bahkan bengkak, hal ini juga disebut dengan arthristis.

g. Fenomena Raynaud

Fenomena Raynaud dijelaskan sebagai fenomena yang mengakibatkan jari tangan dan kaki yang berubah menjadi putih / biru jika terkena dingin atau selama periode stress.

Tanda-tanda penyakit lupus diatas merupakan beberapa contoh gejala lupus secara umum, berhubung belum jelas penyebab pastinya, jika anda atau sanak saudara yang memiliki salah satu gejala diatas misalnya adanya ruam dimuka / ditubuh disertai dengan demam, sebaiknya segera periksa ke dokter untuk mengetahui secara pasti apa yang terjadi pada diri anda. Ingat juga jangan asal menggunakan obat antibiotik, usahakan sesuai dengan anjutan dokter karena lupus bisa terjadi karena penggunaan obat-obat tertentu sesuai yang telah saya sampaikan diatas.