Permainan Bola Basket Diciptakan Oleh Orang Kanada?

Pasti sering mendapatkan pertanyaan essay seperti ini, permainan bola basket diciptakan oleh…? James Naismith jawabannya. Beliau adalah bapak penemu sekaligus pencipta bola basket. Lalu apa yang menarik dari beliau, mari kita ulas melalui artikel ini sambil belajar sejarah mengenai basket.

Sebelum kesana, saya sangat berterimakasih kepada seluruh pembaca anggaputra.com, karena apresiasi dan masukannya untuk terus membahas mengenai basket. Sebelumnya melalui artikel teknik dasar bola basket, kami memperoleh banyak masukan yang membangun khususnya untuk pembahasan mengenai basket. Saat ini memang porsi materi basket di anggaputra.com memang belum memadai, namun kami akan terus berusaha menghadirkan konten menarik seputar bola basket.

Basket merupakan permainan bola yang sangat populer saat ini. Tidak bisa dipungkiri bahwa Amerika Serikat masih menjadi kiblat permainan ini. Di Amerika permainan basket bahkan lebih populer dari sepakbola. Hal ini mungkin agak berbeda dengan Indonesia. Di Indonesia saat ini basket mungkin masih kalah tenar dibandingkan dengan sepak bola, namun penggemar basket tetap banyak bahkan terbilang masif. Bahkan penggemar basket di Indonesia terbilang royal, maksudnya selain kompetisi lokal, para fans juga tidak pernah absen menyaksikan pertandingan basket yang diselenggarakan di lintas benua.

gambar permainan bola basket diciptakan oleh james naishmith

Fakta : Permainan Bola Basket Diciptakan oleh James Naismith

Sejarah mencatat bahwa Dr. James Naismith dikenal sebagai pencipta bola basket. Sejarah bola basket tersebut telah dikenal diseluruh dunia melalui pendidikan olahraga. Sebentar, mungkin dari temen-temen sering mendapatkan materi bahwa penemu basket adalah James A Naishmith, pake “A” sebagai nama tengahnya. FYI, sesungguhnya beliau tidak memiliki nama tengah dan tidak pernah menandatangani nama “A” sebagai nama tengahnya. Nama tengah “A” ditambahkan oleh petugas administrasi di Universitas of Kansas saat dia bergabung disana sebagai instruktur pendidikan jasmani.

Konsep permainan bola basket sebenarnya berasal dari permainan masa kecilnya yang bernama “duck on a rock”. Permainan anak tersebut dilakukan dengan konsep mengetuh “bebek” dari puncak sebuah batu besar dengan melemparkan batu lain kedalamnya. Fakta selanjutnya adalah permainan “duck on a rock” tersebut sangat populer di Kanada. Itulah Negara dimana sang pencipta permainan bola basket dilahirkan. Beliau lahir pada tahun 1961 di Kota Ramsay, dekat Almonte, Ontario, Kanada.

Poin penting yang ingin kami sampaikan adalah meskipun bola basket sangat terkenal di Amerika, namun permainan tersebut pada awalnya diciptakan oleh orang Kanada. Jadi pertanyaan pada judul artikel tersebut adalah benar. James Naishmith adalah kelahiran Kanada. Dia bertumbuh kembang hingga dewasa di Kanada. Dia menempuh pendidikan di McGill University dan menjadi direktur Altetik. Setelah itu dia kemudian pindah ke YMCA Training School, di Springfield, Massachusetts, US dan menciptakan bola basket pertama disana.

Selain menjadi pencipta bola basket, sebenarnya Naishmith merupakan lulusan dokter medis. Dia tertarik dengan fisiologi olahraga atau yang sering disebut juga dengan sains olahraga.Dengan minat filosofi yang tinggi dan kehidupan yang bersih. Naishmith pada akhirnya dijadikan sebagai bapak penemu bola basket yang saat ini populer di dunia. Dia sangat bangga basket dikenalkan oleh gerakan YMCA sejak tahun 1893 dan mulai diperkenalkan di Olimpiade Berlin pada tahun 1936.

Terciptanya Bola Basket

Setelah mengetahui bahwa permainan bola basket diciptakan oleh James Naishmith, pembahasan menarik selanjutnya adalah bagaimana proses terciptanya bola basket. Awalnya saat beliau berada di Springfield, dia ditantang untuk membuat permainan indoor yang tidak banyak memakan tempat dan cocok untuk dimainkan saat musim dingin di Massachusetts untuk YMCA Training School. Dibawah perintah Dr. Luther Gulick(Kepala pendidikan jasmani Springfield YMCA), Naishmith hanya diberikan waktu 14 hari untuk menemukan permainan yang akan menjaga kebugaran atlet semasa musim dingin. Tuntutan kriteria yang harus dipenuhi oleh Naishmith adalah:

  1. Olahraga yang tidak memakan banyak ruang
  2. Dapat membantu atlet olahraganya agar tetep bugar selama musim dingin
  3. Olahraga yang adil bagi seluruh pemainnya
  4. Olahraga yang tidak terlalu kasar

Kemudian bapak pencipta bola basket ini benar-benar memutar otak untuk memenuhi kriteria yang diberikan oleh Dr. Luther Gulick. Dalam menentukan terciptannya olahraga baru tersebut beliau memiliki tiga gagasan utama, yaitu:

  1. Olahraga populer, beliau menganala bahwa olahraga yang diciptakannya harus bisa populer dan aman. Saat itu olahraga populer diantaranya rugby, lacrosse, sepak bola, hoki dan bisbol. Dari olahraga populer tersebut disimpulkan bahwa bola sepak bola yang lunak dan besar itu paling aman dibandingkan bola lainnya.
  2. Kontak Fisik, dalam pandangan beliau, kontak fisik yang paling sering terjadi adalah saat berlari dengan bola, menggiring bola atau memukul bola. Oleh karena itu dia memutuskan bahwa melakukan operan adalah satu-satunya opsi paling aman saat membawa bola.
  3. Goal unguardable, artinya menempatkan gol berada diatas kepala pemain untuk mengurangi kontak tubuh. Itulah mengapa ring basket letaknya berada diatas kepala. Untuk mencetak poin, pemain harus melemparkan bola seperti permainan “duck on a rock”, permainan kesukaannya dimasa kecil.

Dari ketiga gagasan tersebut akhirnya Naishmith menemukan permainan baru yang disebut Basket Ball dengan disertai 13 peraturan permainan bola basket yang dirancangnya. Untuk pembahasan mengenai peraturan akan kami bedah secara lengkap di artikel terpisah. Semoga artikel mengenai permainan bola basket diciptakan oleh James Naishmith ini bermanfaat. Sekian dan terimakasih.