Program Diet Kolesterol Menurut Dr. Oz’s Internasional

Kolesterol merupakan musuh dari sebagian orang di Indonesia. Tingginya kadar kolesterol yang tak terkontrol bisa memicu beberapa penyakit berbahaya seperti penyakit jantung. Pentingnya mengontrol kadar kolesterol di dalam tubuh memberikan inspirasi saya menulis bagaimana kita memilih diet kolesterol yang tepat dan aman untuk semua kalangan umur. Diet ini sebagian besar saya adopsi dari publikasi yang dilakukan oleh Dr. Oz Internasional yang selama ini selalu memberikan informasi bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

Diet Dr. Oz selalu berkaitan dengan makanan yang kaya akan gizi dan pemilihan makanan yang rendah kalori, sehingga saya rasa diet ini cocok untuk diterapkan oleh masyarakat Indonesia. Pemilihan jenis makanan dan pemilihan gizi yang tepat ini mungkin tidak cocok untuk semua orang, jadi mungkin Anda perlu mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter / konsultan diet Anda jika ada beberapa jenis makanan yang menjadi pantangan Anda.

diet kolesterol

Memilih untuk menjalani diet kolesterol

Menjajal Program Diet Kolesterol Dari Dr Oz Internasional

Saya selalu terkesan dengan acara Dr. Oz, materi yang diberikan selalu padat dan mudah dipahami bagi sebagian besar orang. Untuk program diet mereka pun sebenarnya adalah langkah sederhana yang mungkin sudah pernah Anda temui pada beberapa artikel kesehatan. Diet pada program ini merupakan tantangan kesehatan untuk menghilangkan beberapa kebiasaan hidup tidak sehat dan memilah-memilih beberapa jenis makanan agar tidak terjadi lonjakan kolesterol jahat yang biasa disebut dengan LDL (Low-Density Lipoprotein). Berikut ini gambaran besar bagaimana program diet Dr. Oz yang harus Anda lakukan :

1. Memilih Makanan Yang Tepat

Adakalanya kita tidak menyadari bahwa makanan merupakan salah satu penyumbang tingginya angka kolesterol yang ada di dalam tubuh kita. Dr. Oz menyarankan bahwa untuk memulai program dietnya, Anda harus rela untuk meninggalkan beberapa jenis makanan yang kurang memiliki kandungan gizi, mengandung lemak trans dan memiliki kadar lemak jenuh yang tinggi. Beberapa contoh makanan seperti keripik, olahan daging, makanan yang digoreng masuk dalam daftar makanan yang harus dihindari dalam diet ini. Saya sarankan untuk mematuhi saran tersebut agar diet kolesterol ini bisa mengontrol tingginya angka kolesterol didalam tubuh Anda. Ingat bahwa tubuh Anda sudah mampu mencukupi 80% kebutuhan kolesterol harian yang dihasilkan oleh hati.

2. Memilih Makanan Yang Memiliki Lemak Sehat

Lemak sehat kadang sering disebut dengan lemak tak jenuh, yang biasanya menjadi makanan alternatif bila seseorang telah didiagnosis memiliki kolesterol tinggi. Ada beberapa jenis makanan yang masuk dalam kategori makanan mengandung lemak tak jenuh tunggal maupun lemak tak jenuh ganda. Makanan tersebut biasanya ada pada buah zaitun, minyak zaitun, minyak canola, biji-bijian, kacang-kacangan dan beberapa jenis ikan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan salmon. Beberapa waktu lalu saya telah mempublikasikan artikel mengenai makanan yang bisa menurunkan kolesterol secara alami. Bacalah artikel tersebut dan biasakan diri anda menggunakan jenis makanan yang disarankan agar diet kolesterol ini bisa terlaksana dengan baik.

3. Pilih Makanan yang Kaya Akan Protein

Setelah saya mempelajari diet Dr. Oz untuk menurunkan kolesterol, saya menyadari bahwa program tersebut sangat cocok dengan rekomendasi American Heart Association yang menyarankan penggunaan makanan alternatif untuk menggantikan makanan olahan dari daging seperti sosis maupun steak. Kedua jenis makanan tersebut memang kaya akan protein namun juga berkolesterol tinggi, sehingga akan lebih baik jika Anda menggantinya dengan beberapa jenis ikan ataupun unggas dengan catatan buang kulitnya! Hindari juga makanan organ daleman seperti hati, ginjal dan otak karena mereka sangat tinggi akan kandungan kolesterol, natrium dan lemak jenuh. Lebih baik biasakan diri Anda untuk mengkonsumi makanan lain yang mengandung sumber protein yang lain seperti kacang-kacangan.

4. Persiapkan Makanan Anda Dengan Matang

Program diet kolesterol yang di kampanyekan oleh Dr. Oz ternyata sangat detail hingga membahas mengenai bagaimana Anda harus mempersiapkan makanan Anda tanpa harus menggunakan lemak. Contoh Anda bisa mengganti produk minyak hemani / lemak hewani dengan minyak nabati untuk proses pembuatan makanan. Mereka juga menyarankan bahwa metode grill, panggang lebih baik daripada metode menggoreng suatu makanan. Mereka juga sangat menyarankan untuk tidak menggunakan mentega dalam proses memasak, sebagai gantinya Anda bisa menggunakan minyak zaitun yang mempunyai kandungan minyak tak jenuh yang bisa menurunkan kolesterol Anda.

Keempat proses diet harian diatas sebenarnya merupakan rangkuman dari beberapa langkah yang harus dijalani dalam program diet kolesterol yang di kampanyekan oleh Dr. Oz, Anda bisa memulainya hari ini setelah membaca artikel ini dan terapkan dengan program 30 hari menurunkan kolesterol yang pernah saya bahas pada artikel lain di blog ini. Semoga bermanfaat dan berguna bagi semuanya 😀