Program Menurunkan Kolesterol Dalam 30 Hari Secara Alami

Kolesterol adalah lemak lunak yang dihasilkan oleh hati didalam tubuh manusia. Kolesterol juga bisa didapatkan dari beberapa jenis makanan seperti daging, kuning telur dan beberapa produk olahan susu. Manusia yang memiliki kadar kolesterol tinggi biasanya akan memiliki beberapa gangguan kesehatan, oleh karena itu ada baiknya jika kita bisa menurunkan kolesterol sebagai langkah penjegahan hal-hal yang tidak diinginkan.

Tubuh kita setiap harinya menghasilkan sekitar 1 gram kolesterol. Kolesterol yang dihasilkan oleh tubuh sebenarnya sudah memenuhi 80% kebutuhan kolesterol setiap harinya. Kadar lemak yang ada didalam tubuh sebenarnya tidak boleh lebih dari 35 % jumlah kebutuhan kalori setiap harinya. Untuk memastikan bahwa kandungan lemak tidak melebihi kadar yang diperlukan oleh tubuh, Anda bisa mengikuti program menurunkan kolesterol secara alami berikut ini.

menurunkan kolesterol

Langkah sederhana menurunkan kolesterol

Beberapa Langkah Sederhana Menurunkan Kolesterol Secara Alami Dalam 30 Hari

Anda bisa saja menurunkan kolesterol dengan cara minum obat-obatan yang diresepkan oleh dokter Anda. Namun Anda juga memiliki pilihan yang lebih baik untuk menggunakan cara alami dalam mengontrol kadar kolesterol yang ada di dalam tubuh Anda. Kombinasi dari beberapa perubahan gaya hidup sehat saya rangkumkan dalam beberapa langkah yang bisa anda terapkan untuk 30 hari kedepan atau bisa dilanjutkan sebagai pola hidup sehat sehari-hari.

1. Langkah Pertama – Kontrol Asupan Lemak Harian
Langkah Anda dimulai dari mengontrol asupan lemak harian. Menurut panduan The American Heart Association (AHA), ada 3 panduan sederhana yang perlu anda ketahui tentang lemak. Poin pertama, total lemak yang sebaiknya ada didalam tubuh kita adalah 25 hingga 35 persen dari total kalori harian. Poin kedua, lemak jenuh tidak boleh lebih dari 7 persen dari kebutuhan kalori, sedangkan poin ketika lemak trans atau yang kadang disebut dengan asam trans-lemak sebaiknya haya 1 persen dari kebutuhan kalori harian. Ketiga poin yang dianjurkan oleh AHA tersebut anda bisa menjaga kadar kolesterol agar tetap seimbang.

2. Langkah Kedua – Batasi Makanan Yang Mengandung Kolesterol
Bila seseorang telah memiliki gejala kolesterol tinggi, AHA memberikan saran untuk membatasi konsumsi makanan yang terindikasi meningkatkan kadar kolesterol. Anda boleh saja makan makanan tersebut namun jumlahnya kolesterolnya harus tidak boleh lebih dari 200mg per hari. Untuk memperlancar program menurunkan kolesterol ini, saya berikan contoh makanan yang menyebabkan kolesterol tinggi. Makanan tersebut adalah : daging, produk olahan susu, kuning telur, keju dan mentega.

3. Langkah Ketiga – Tingkatkan Asupan Serat
Serat merupakan asupan penting yang berperan dalam menurunkan kolesterol atau dampak buruk akibat kolesterol. Menurut National Heart, Lung and Blood Institute (NHLBI), serat bisa menurunkan 5 persen low-desnsity lipoprotrein yang merupakan bentuk buruk karena kolesterol. Asupan serat harian sebesar 5 hingga 10 gram setiap hari bisa melarutkan kolesterol sebesar 10 hingga 25 gram per hari.

4. Langkah Keempat – Kurangi Asupan Kalori Harian
Konsumsi kalori yang berlebihan bisa mengakibatkan berat badan yang tidak terkontrol. Berat badan tersebut berkontribusi terhadap tingginya kolesterol di dalam tubuh manusia. NHLBI dan Mayo Clinic menyatakan pandapat yang serupa mengenai hal ini, bahwa menurunkan kalori bisa membuat berat badan Anda terjaga dan mengindarkan Anda dari bahaya kolesterol tinggi. Saya sebelumnya sudah pernah membahas beberapa jenis penyebab kolesterol tinggi. Silahkan membaca artikel tersebut melalui tautan berikut.

5. Langkah Kelima – Olahraga Yang Rutin
Mungkin Anda sibuk selama ini, namun meluangkan waktu sekitar 30 menit saya rasa menjadi investasi penting untuk menjaga tubuh Anda terhindar dari berbagai masalah kesehatan, salah satunya kolesterol tinggi. Olahraga merupakan cara alami menurunkan kolesterol dengan cepat. Gerakan tubuh Anda dapat menurunkan kolesterol darah dan meningkatkan kebugaran tubuh anda. Anda bisa memulainya secara bertahap, mulai dari 35 menit sehari, kemudian 30 menit sehari dan teru ditingkatkan sesuai kemampuan Anda.

Dengan menjalankan 5 langkah sederhana tersebut dalam 30 hari maka Anda akan bisa menjaga kadar kolesterol didalam tubuh Anda tetap seimbang. Anda tidak akan lagi mengalami gejala-gejala kolesterol yang selama ini menggangu kehidupan Anda. Semoga artikel 30 hari menurunkan kolesterol ini bermanfaat dan bisa membantu Anda terhindar dari bahaya kolesterol tinggi.