Tanda-Tanda dan Gejala Kolesterol

Tahukah anda bahwa tanda-tanda kolesterol dan gejala kolesterol bisa diketahui dari beberapa kondisi tubuh? Kolesterol bisa diketahui dengan cara pengecekan tingkat kolesterol baik / high density lipoprotein (HDL), kolesterol jahat low density lipoprotein (LDL), dan kadar trigliserida didalam tubuh. Untuk mengetahui angka LDL dan HDL tersebut tentu saja harus melalui pemeriksaan yang cukup rumit yang dilakukan oleh tim medis.

Pemeriksaan tingkat kolesterol memang perlu dilakukan secara rutin, hal ini untuk mencegah sumber penyakit lain seperti stroke, penyakit jantung dan beberapa penyakit lainnya. Pada artikel sebelumnya saya telah menyampaikan bahwa kadar kolesterol normal untuk setiap manusia adalah 160 hingga 200 mg. Apabila kadar kolesterol berada diatas 240 mg maka seseorang tersebut terindikasi memiliki kolesterol yang tinggi, silahkan merujuk pada artikel penyebab kolesterol tinggi untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai hal ini.

gejala kolesterol

Gejala Kolesterol

Gejala kolesterol memang cukup sulit dikenali, hal ini dikarenakan gejalanya mirip dengan penyakit lain dan kadangkala sering diabaikan oleh kebanyakan masyarakat. Hal ini jika dibiarkan terus akan menyebabkan aterosklerosis yang menyebabkan penyempitan pembuluh darah karena adanya tumpukan lemak di dalam pembuluh darah. Penumpukan lemak jahat ini bila tidak segera ditangani akan menyebabkan penyumbatan pembuluh darah yang akan menimbulkan beberapa gejala seperti sering kesemutan dan nyeri didalam dada bahkan kematian karena pasukan oksigen keseluruh tubuh melalui darah berkurang.

Pada kondisi normal penumpukan lemak jahat / LDL ini bisa diatasi oleh HDL. HDL / high-density lipoprotein berfungsi untuk menghancurkan dan membersihkan tumpukan kolesterol jahat tadi. Sayangnya pada orang yang memiliki kadar kolesterol yang tinggi, kadar HDL tidak mampu untuk menhancurkan plak / tumpukan lemak jahat tadi sehingga terjadi penyempitan bahkan penyumbatan pembuluh darah yang menyebabkan aliran darah keseluruh tubuh menjadi terganggu.

Anda bisa melakukan beberapa langkah untuk mengetahui gejala kolesterol ini dengan mengenali tanda-tanda kolesterol yang biasanya sering tidak membuat nyaman seseorang. Mengetahui tanda-tanda awal ini merupakan langkah awal anda mengantisipasi hal yang mungkin lebih buruk jika anda memiliki kesibukan yang menyebabkan anda tidak mempunyai waktu untuk memeriksakan kadar kolesterol di rumah sakit atau dokter.

tanda-tanda kolesterol

Tanda-Tanda Kolesterol

Secara fisik kolesterol bisa dikenali dengan kondisi badan yang sering menggangu dan membuat tubuh merasa tidak nyaman.Berikut ini beberapa tanda-tanda kolesterol yang seharusnya anda waspadai karena merupakan indikasi tingkat kadar kolesterol yang tinggi.

1. Sering Kesemutan pada Kaki dan Tangan
Biasanya orang yang memiliki kolesterol tinggi sering mengalami kesemutan pada kaki dan tangan. Rasa kesemutan ini terjadi karena aliran darah yang tidak mencukupi pada syarat kaki dan tangan. Biasanya rasa kesemutan ini terjadi ketika seseorang sedang duduk dalam waktu yang cukup lama atau aktivitas lain yang melibatkan kaki dan tangan. Apabila anda salah satu yang sering mengalami hal ini, anda perlu mewaspadai dan periksalah kadar kolesterol anda di rumah sakit atau dokter keluarga anda.

2. Cepat Pegal-Pegal di bagaian Tangan dan Kaki
Selain kesemutan kaki dan tangan pada pengidap kolesterol tinggi sering merasa pegal-pegal. Rasa pegal ini datang begitu saja meskipun tidak melakukan aktifitas yang berat atau membutuhkan tenaga yang cukup tinggi. Apabila hal ini sering terjadi pada anda makwa waspadai gejala kolesterol tinggi ini.

3. Tengkuk dan Pundak Menjadi Tidak Nyaman
Tanda-tanda kolesterol juga bisa dikenali apabila seseorang sering merasakan berat pada tengkuk tanpa sebab yang pasti. Tengkuk menjadi terasa berat meskipun tidak membawa beban, hal ini juga terjadi di pundak. Pundak akan terasa pegal dan mengakibatkan badan terasa tidak nayaman sama sekali

4. Sering Pusing
Gejala kolesterol selanjutnya adalah seringnya pusing pada bagian belakang kepala. Hal ini terjadi karena terjadinya penyempitan di pembuluh darah yang mengalirkan darah yang mengandung oksigen ke kepala. Bahaya yang timbul jika tidak segera diatasi adalah pecahnya pembuluh darah dan menyebabkan stroke.

5. Cepat Mengantuk
Orang yang sering mengantuk ditengarai memiliki kadar kolesterol yang tinggi, hal ini biasanya terjadi pada orang yang memiliki kadar trigliserida diatas 600 bahkan 700 mg. Kadar trigliserida yang aman itu antara 150 hingga 200 mg, jadi sudah terlampaui banyak sekali. Hal ini sungguh tidak baik untuk kesehatan dan menyebabkan penyempitan lemak jahat di pembuluh darah yang mengalirkan darah ke otak. Jika aliran darah ke otak terganggu maka asupan oksigen tidak mencukupi sehingga seseorang mudah merasa mengantuk dan malas untuk mengerjakan sesuatu.

5. Dada Sebelah Kiri Sering Nyeri
Nyeri pada dada sebelah ini terjadi karena adanya penyempitan pembuluh darah disekitar jantung. Jantung merupakan organ penting untu memompa darah untuk dialirkan keseluruh tubuh. Jika ada penyempitan disekitar jantung maka orang akan merasa seperti tertusuk dibagian dada sebelah kiri. Waspadai gejala kolesterol ini karena bisa menyebabkan gangguan jantung

Demikian beberapa tanda-tanda kolesterol dan gejala kolesterol yang sebaiknya anda waspadai. semoga artikel ini bermanfaat terlebih jika anda memiliki riwayat keluarga yang mengidap kolesterol tinggi.