Tanda-Tanda Penyakit Tipes

Tidak lengkap rasanya jika setelah membahas mengenai penyebab penyakit tipes kita tidak membahas mengenai tanda-tanda penyakit tipes. Tipes atau kalau dalam dunia medis disebut dengan Typhoid fever merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh infeksi bakteri yang masuk kedalam tubuh manusia. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit yang mudah untuk ditularkan kepada orang lain apabila tidak saling menjaga kebersihan.

Tipes menjadi suatu masalah yang cukup memprihatikan khususnya diwilayah Asia. Dibandingkan dengan negara-negara lain, Asia menjadi tempat terbesar yang memiliki penderita tipes terbanyak. Kita mulai dari akumulasi seluruh negara di bumi ini mencatatkan 2.16 kasus dalam satu tahun dengan jumlah kematian mencapai 216 ribu manusia. Di Indonesia sendiri ada 20 ribu kasus per tahun dengan angka kematian 900 ribu manusia. melihat data yang memperihatikan tersebut sepatutnya kita lebih menyadari betapa pentingnya untuk menghindari penyakit tipes. Bagaimana caranya ? kalau masalah pertolongan pertama berarti kita harus paham mengenai tana-tanda penyakit tipes yang harus segera ditangani sebelum permasalahannya semakin parah.

tanda-tanda penyakit tipes

Fase Penyakit Tipes

Tanda-Tanda Penyakit Tipes

Tipes merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Salmonella typhi. Bakteri ini berkembang biak dengan baik ditempat-tempat kumuh atau wilayah dengan fasilitas sanitasi yang buruk. Alasan kenapa sanitasi buruk menjadi aktor utama dibalik terjadinya penyakit tipes adalah bakteri tersebut biasanya mengkontaminasi beberapa jenis makanan yang dicuci dengan air yang sudah terkontaminasi. Kebiasaan tidak cuci tanganpun menjadi penyebab penyakit tipes yang banyak dijumpai di masyarakat. Berikut ini tanda-tanda penyakit tipes pada tahap awal atau sekitar 2 hingga 5 hari :

1. Mengalami Diare
diare adalah tanda-tanda awal yang harus anda kenali sebagai ciri dari penyakit tipes. Pada saat seseorang selalu merasa mulas, maka perlu diwaspadai karena hal tersebut bisa saja menjadi gejala awal penyakit ini. Bagaimanapun juga ketika bakteri salmonella sudah masuk kedalam sistem pencernaan, bakteri-bakteri tersebut akan berkembangbiak secara cepat dan membuat perut pasien menjadi mulas. Sampel tinja atau urin biasanya digunakan untuk memastikan apakan seseorang mengalami tipes atau tidak.

2. Demam Yang Tinggi
tanda-tanda penyakit tipes selanjutnya adalah demam tinggi. Untuk demam biasa mungkin anda tidak akan merasakan kepala anda menjadi sangat pening. Pada pasien yang mengalami gejala awal tipes biasanya menderita demam tinggi hingga suhu badan mencapai 40 derajat celcius. Hal itu juga kadang disertai dengan gangguan pada sistem saraf.

Artikel terkait : Benarkah ayam itu penyebab penyakit tipes ?

Tanda-Tanda Penyakit Tipes Pada Anak

Anak-anak menjadi salah satu korban yang paling mudah diserang oleh bakteri salmonella. hal ini berkaitan dengan kebiasaan anak kecil yang suka membeli makanan sembarangan dan masih memiliki tingkat kesadaran yang rendah terhadap kebersihan lingkungan. Sistem kekebalan tubuh pada anak-anak juga menjadi faktor penentu karena pada umur yang masih belia kadang sistem kekebalan tubuhnya belum terbntuk secara sempurna sehingga bakteri dengan mudah menyerang tubuh anak kecil. Gejala awal tipes pada anak-anak biasanya ditandai dengan rasa menggigil disertai dengan rasa kebingungan bahkan sampai mengigau. Gejala lain yang terjadi pada anak-anak adalah bintik-bintik merah di dada seperti halnya gejala penyakit demam berdarah. Perlu anda ketahui juga bahwa penyakit tipes itu memiliki fase-fase dengan tanda-tanda yang berbeda. Berikut ini pembagian tanda-tanda penyakit tipes sesuai fase berdasarkan satuan minggu .

1. Minggu Pertama
Minggu pertama adalah waktu dimana bakteri salmonella masuk kedalam tubuh dan mulai beraksi. Pada saat bakteri masuk kedalam tubuh, bakteri ini akan dikirimkan ke bagian sumsum hati, tulang dan limpa oleh sel darah putih. Pada saat itulah muncul tanda-tanda penyakit tipes pada tahap awal. Berikut ini ciri-ciri yang muncul pada tahap awal / minggu pertama pasien mengalami tipes:

  • Pasien mulai mengalami demam, dengan suhu sekitar 39 hingga 40 derajat Celcius
  • Pasien mengalami sakit kepala
  • Badan pasien menjadi lemah
  • Pasien menjadi sulit makan, karena nafsu makan hilang
  • Pasien mengalami diare
  • Muncul bintik-bintik merah pada tubuh pasien

b. Pada Minggu Kedua
Pada minggu kedua bakteri sudah tumbuh di dalam sistem empedu dan jaringan limfatik usus. Biasanya dokter sudah bisa mendiagnosis tanda-tanda penyakit tipes ini dari sampel urin atau tinja pasien. Pada minggu kedua ini pasien mengalami gejala yang lebih berat dibandingkan dengan minggu pertama.

  • Sebagian pasien mangalami perut buncit
  • Demamnya semakin tinggi
  • Pasien menderita sembelit
  • terjadi penurunan berat badan yang signifikan

c. Pada Minggu Ketiga
Bila pasien penyakit tipes tidak ditangani dengan baik hingga pada minggu ketiga, resiko mengalami komplikasi menjadi lebih besar daripada sebelumnya. Pada minggu ketiga ini perkembangan bakteri salmonella semakin berbahaya dan mengakibatkan komplikasi dimana saat itu pasien mulai banyak mengigau. Bila dilihat dari kondisi fisik pasien, mata pasien menjadi seperti bergerak sendiri kerika mata terjaga.

Baca juga : Obat penyakit tipes yang direkomendasikan dokter.

d. Pada Minggu Keempat
Bila pasien ditangani dengan baik oleh tim medis, biasanya gejala komplikasi yang muncul pada minggu ketiga sudah membaik. Suhu tubuh pasien juga mulai kembali normal. Ini adalah proses anti klimaks yang juga sering terjadi pada pasien yang mengalami demam berdarah. Pada minggu ini biasanya pasien membutuhkan beberapa kali pengetesan laboratorium untuk memastikan bahwa penyakit tipes sudah membaik. Pada minggu ini juga ada kemungkinan pasien akan mengalami gejala penyakit tipes seperti sebelumnya jika ternyata masih ada bakteri salmonella yang berada dalam tubuh pasien.