Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Menjadi pemain bola voli yang sukses tentu saja menjadi impian banyak orang. Untuk mencapai hal tersebut tentu saja tidak sera merta bisa tercapai tanpa diikuti dengan latihan rutin. Dari banyak kisah sukses, semua diawali dengan penguasaan beberapa teknik dasar permainan bola voli. Kunci utama pemain voli yang sukses adalah tidak melakukan kesalahan sekecil apapun yang merugikan bagi tim-nya dan menguntungkan tim lain. Oleh karena itu pemahaman mengenai teknik dasar selalu menjadi menu latihan sehari-hari.

Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai penguasaan teknik dasar bermain bola voli baik bagi pemula atau profesional yang ingin flashback mempelajari hal basik. Teknik dasar bola voli yang perlu diasah dan dikembangkan setidaknya ada 4, yaitu serving, passing and setting, blocking dan attacking. Keempat teknik tersebut harus benar-benar dikuasai, baik untuk pemula maupun pemain profesional. Menguasai keempat teknik tersebut berarti Anda telah siap untuk memainkan permainan bola voli baik indoor maupun outdoor karena pada dasarnya tekniknya hampir sama hanya saja tempatnya yang berbeda.

teknik dasar permainan bola voli

Pengertian Bola Voli dan Sejarah Bola Voli Secara Singkat

Permainan bola voli ditemukan oleh William G. Morgan pada tahun 1895. Pada saat itu olahraga ini disebut dengan “mintonette”, yaitu permainan yang diciptakan empat tahun setelah adanya bola basket oleh seorang lulusan Springfield College of YMCA. Pada saat itu permainan ini sangat mendasar dan belum banyak memberlakukan peraturan-peraturan khusus. Mungkin bisa dikatakan 4 teknik dasar permainan bola voli merupakan teknik pokok yang dilakukan saat itu.

Olahraga voli sebenarnya merupakan kombinasi dari 4 cabang olahraga diantaranya basket, tenis, bisbol dan bola tangan. Pada awal mula diciptakannya permainan ini, net / jaring yang digunakan merupakan jaring yang dipakai untuk tenis, banyak yang menyebut bola voli telah “meminjam” jaring-nya tenis. Pada saat itu tinggi net / jaring adalah 6 feet lebih 6 inchi, atau sekitar 1.98 meter.

Pada tahun 1947 federasi voli dunia dibentuk dan diberi nama dengan The Federation Internationale De Volley-Ball (FIVB). Pada tahun 1928 bola voli baru masuk ke Indonesia, dimana saat itu Indonesia masih dalam penguasaan penjajahan Belanda. Induk dari olahraga bola voli kemudian di bentuk pada 22 Januari 1955 yang diberi nama dengan Persatuan Bola Voli Seluruh Indonesia / PBVSI. Pembentukan induk cabang olahraga ini diketuai oleh W.J.Latumenten. Untuk mengetahui sejarah lengkap permainan bola voli silahkan menuju ke artikel sebelumnya.

Pengenalan 4 Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Bola voli adalah olahraga yang dimainkan oleh 2 regu yang masing-masing regu terdiri dari 6 orang. Setiap regu diperbolehkan memiliki pemain cadangan maksimal 4 orang. Permainan ini bisa dilakukan dalam lapangan indoor maupun outdoor dengan ketentuan panjang lapangan 18 meter dan lebar 9 meter. Setiap tim yang bisa memasukkan bola ke area lawan maka tim tersebut mendapat poin, namun jika bola keluar maka tim lain yang akan dapat poin. Bola voli menggunakan sistem rally point dengan perhitungan poin maksimal adalah 25 dalam setiap set. Setiap pertandingan akan dilakukan dengan 3 set, namun jika sebuah tim bisa menang dalam 2 set beruntun maka dianggap menang dan set ketiga tidak perlu dilakukan. Oleh karena itu sangat penting sekali menguasai teknik dasar permainan bola voli agar bisa menang dalam 2 set langsung. Berikut ini teknik dasar bola voli yang wajib dikuasai oleh pemain bola voli :

1. Serving / Melakukan Servis

teknik servis bola voli
Servis adalah teknik dasar permainan bola voli yang bisa saja menentukan point untuk tim kamu. Servis / serve adalah pukulan yang mengawali permainan bola voli, baik untuk bola mati atau saat pertandingan baru dimulai. Ada 4 jenis teknik servis yang bisa kamu pelajari, yaitu :

  • Servis Atas
    Dinamakan servis atas karena sebelum melakukan pukulan, bola harus dilambungkan terlebih dahulu di atas kepala. Teknik ini biasanya bisa langsung menyerang tim lain karena teknik ini bisa dikolaborasikan dengan teknik smash. Untuk melakukan teknik ini kamu perlu kekuatan tangan dan konsentrasi terhadap bola agar tidak meleset. Cara melakukan teknik ini yaitu dengan melambungkan bola diatas kepala, usahakan posisi lambungan bola berada di depan bahu sehingga memudahkan untuk melakukan pukulan. Kemudian posisikan tangan terkuat untuk dilentingkan ke belakang dan ketika bola berada di posisi yang tepat segera pukul dengan telapak tangan.
  • Servis Bawah
    Berbeda dengan servis atas, servis bawah biasanya lebih mudah dan mengurangi resiko kesalahan melakukan serve. Teknik ini tidak bisa langsung menyerang tim lain karena arah bola yang tidak menukik ke bawah. Cara melakukan servis bawah adalah dengan memegang bola pada tangan kiri, kemudian yangan kanan yang akan diayunkan memukul bola. Saat melakukan pukulan berat badan akan berumbu pada kaku belakang dan pukul bola dengan tangan mengepal.
  • Servis Samping
    Teknik ini hampir sama dengan teknik servis bawah namun dikombinasikan dengan teknik servis atas dengan catatan lambungan bola tidak terlalu tinggi. Biasanya pemain memegaing bola dengan lengan yang dijulurkan setinggi kepala. Tangan yang digunakan untuk memukul diayunkan ke belakang kemudian bola dilambungkan ke depan badan. Saat melakukan pukulan, lengan diangkat seperti membentuk gerakan melingkar.
  • Jump Servis
    Teknik servis ini mirip dengan servis atas namun lebih powerful untuk melakukan serangan. Jump servis mengkolaborasikan teknik servis atas dengan lompatan yang akan menambah kekuatan lajur bola sehingga bisa menyerang lawan saat melakukan servis.

2. Passing

teknik passing bola voli
Teknik passing adalah teknik yang dilakukan untuk mengoper bola kepada teman satu tim. Dalam permainan bola voli, kamu tidak boleh melakukan 3 kali passing didalam area lapangan sendiri karena akan dianggap pelanggaran. Usahakan hanya melakukan 2 kali dan satu pukulan mengarahkan bola ke tim lain. Passing dibedakan menjadi dua, yaitu passing bawah dan passing atas.

  • Passing Bawah
    Passing bawah biasanya dilakukan untuk menerima serangan dari lawan. Teknik ini dilakukan dengan menggunakan dua tangan yang diposisikan untuk meredam serangan dan memantulkan bola ke teman satu tim.
  • Passing Atas / Set up
    Passing atas biasanya dilakukan untuk mengoperkan bola yang nanti di smash oleh teman kita. Meskipun passing atas juga bisa untuk menerima bola dari lawan namun lebih baik menggunakan passing atas untuk menyerang lawan.

3. Teknik Blocking

teknik blocking bola voli
Teknik Blocking adalah teknik dasar permainan bola voli yang harus kamu latih agar bisa bertahan dari serangan lawan. Teknik ini dilakukan untuk membendung serangan dan berharap bola masuk ke area lawan. Blocking bisa dilakukan oleh satu orang atau bahkan 2 hingga 3 pemain segaligus yang membentuk benteng pertahanan.

4. Teknik Smash untuk Attacking

teknik smash dalam bola voli
Dalam permainan bola voli, smash adalah salah satu jenis attacking yang efektif dan seringkali menghasilkan point bagi tim kamu. Siapkann mental dan fokus pada bola sebelum melakukan smash. Usahakan baca kelalaian pemain lain dalam menjaga areanya. Saat bola melambung keatas dan memungkinkan untuk melakukan serangan, lompat ke atas dan pukul bola voli menukik tajam agar susah dibendung oleh tim lain. Perhatikan juga kemungkinan lawan melakukan blocking pada smash kamu. Saat melakukan pendaratan sehabis melakukan smash, usahakan mendarat menggunakan kedua ujung telapak kaki bersamaan dan berat badan ditumpukan ke depan.

Demikian pembahasan mengenai teknik dasar permainan bola voli. Asah terus kemampuan kamu dengan berlatik mulai hal basic dan jagalah selalu konsistensimu. Semoga nantinya kamu bisa mengharumkan nama Indonesia di dalam dunia Voli baik secara nasional maupun Internasional.