Tujuan Permainan Bola Basket Yang Diciptakan Naishmith

Sudah tau tujuan permainan bola basket itu pada awalnya untuk apa? kali ini saya ingin sedikit mengulas dan menengok sejarah bola basket yang mungkin tidak didapatkan dalam pelajaran penjaskes. Kita tahu pelajaran penjaskes itu banyak prakteknya dan minim sekali dengan teori semacam ini. Kita mungkin akan mendapatkan teori penjaskes saat masa puasa ramadhan. Iya kan? Di Indonesia, penjaskes akan full teori saat musim puasa hadir. Ya kali masak pas puasa kita harus olahraga dari jam 7 sampai jam 9.

Saya masih ingat beberapa waktu lalu saya juga pernah mengulas mengenai penemu permainan bola basket. Tak lain dan tak bukan adalah bapak kita James Naismith. Saya ingat juga pada pembahasan di artikel tersebut juga mengulas mengenai kenapa ada buku pelajaran yang menambahkan nama ‘A’ ditengah kata James dan Naismith. Padahal beliau sendiri hanya memiliki dua kata untuk namanya. Kalau penasaran, silahkan merujuk ke artikel tersebut untuk menemukan jawaban pastinya.

tujuan permainan bola basket

Kembali ke Sejarah Permainan Bola Basket

Untuk mengetahui tujuan permainan bola basket yang awalnya dicetuskan oleh James Naismith adalah dengan menengok kembali peristiwa pada tahu 1891 dimana saat itu beliau masih menjadi seorang guru pascasarjana dan gym di sebuah sekolah bernama YMCA Training School.

Pada saat itu beliau masih berada dibawah perintah Dr. Luther Gulick yang berprofesi sebagai kepala pendidikan jasmani Springfield YMCA. Mungkin kita pernah menemukan hal brilian disaat kondisi mepet. Nah itulah yang terjadi pada bapak James Naismith kala itu. Dia diminta oleh Dr Luther untuk meciptakan suatu permaian indoor yang minim tempat dan cocok untuk dimainkan saat musim dingin terjadi di Massachussetts.

Baca Juga : Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Kebetulan saat itu lagi musim dingin dengan kondisi bersalju. Gawatnya bapak James kita cuma diberikan waktu 14 hari. Macam deadline PR kita di sekolah..hahahaha.. Selain cuma diberi waktu 14 hari, bapak James kita tercinta juga di tuntut oleh atasannya untuk mematuhi dasar pokok syarat penemuan olahraga baru tersebut. Kita bahas di Bagian selanjutnya.

Tuntutan Dr. Luther Gulick Pada Olahraga Basket

Dalam rangka menyempurnakan tujuan permainan bola basket, selain cuma diberikan waktu selama 14 hari. Beliau juga di syaratai dengan tuntutan sebagai berikut:

  1. Olahraga yang diciptakan tidak boleh banyak memakan waktu
  2. Olahraga yang diciptakan tersebut haruslah dapat membantu para atlet olahraga agar tetap bugar selama musim dingin
  3. Olahraga yang diciptakan oleh bapak James haruslah olahraga yang adil bagi seluruh pemainnya
  4. Olahraga baru yang diciptakan oleh bapak James bukan olahrara yang kasar dan banyak main fisik

Empat syarat tersebut perlu dipenuhi oleh Bapak James dalam penemuan olahraga barunya. Syarat itu memang didasari pada kondisi saat itu dimana pada musim dingin para atlet olahraga sekolah sangat sulit menjaga kebugaran tubuh karena tidak bisa berolahraga seperti biasanya.

Syarat olahraga tidak boleh kasar juga masuk akal karena olahraga baru yang akan diciptakan adalah untuk mengisi kekosongan di masa musim dingin saat itu. Menjadi cedera karena olahraga baru bukanlah yang diinginkan oleh Dr. Luther Gulick.

gambar permainan bola basket

Tujuan Permainan Bola Basket yang Dicanangkan oleh James Naismith

Dalam 14 hari dengan 4 tuntutan diatas membuat bapak James benar-benar memutar otak untuk menemukan formasi olahraga yang sesuai dengan ekspektasi bos-nya. Itu ibarat kita kalau di beri PR dengan waktu mepet, meskipun pada awalnya agak jengkel namun akhirnya bangga kalau PR tersebut terselesaikan dengan baik.

Begitu pula mungkin yang dirasakan oleh Bapak James, meskipun pada awalnya merasa jengkel namun pada akhirnya buah pikirannya sekarang banyak di kenal orang banyak di seluruh dunia. Bahkan sekarang basket menjadi olahraga paling terkenal di Amerika Serikat. Tidak hanya sebagai olahraga pengisi waktu kosong selama musim dingin saja. Singkat cerita bapak James menemukan rumusan yang begitu simpel namun pasten, hahaha. Berikut ini pemikiran tujuan permainan bola basket yang dirancang oleh beliau :

1. Olahraga populer

Pemikiran pertama yang ada dibenak Bapak James adalah menciptakan olahraga populer, atau setidaknya mencontoh apa yang dilakukan pada olahraga populer saat itu. Pada masa itu beberapa cabang olahraga yang populer antara lain : rugby, sepak bola, lacrosse, hoki dan bisbol.

2. Olahraga yang aman

Dari pengamatan beberapa olahraga populer yang saya sebutkan diatas. Bapak James mendapatkan kesimpulan bahwa bola yang ukurannya besar dan lunak itu paling aman dan untuk itulah kenapa bola basket ukurannya besar dan bentuknya lunak, tidak padat.

3. Mengurangi kontak fisik

Tujuan permainan bola basket selanjutnya yang berkaitan dengan olahraga yang aman adalah olahraga yang tidak banyak melakukan kontak fisik. Dari pengamatan beliau, kontak fisik paling banyak terjadi ketika pemain berlari dengan bola, menggiring bola dan memukul bola. Oleh karena itu beliau menciptakan peraturan bahwa dalam bola basket hanya diperbolehkan dilakukan dengan cara melakukan operan, tidak boleh menggiring bola setelah tiga langkah.

4. Mengenang Masa Lalu

Perlu diketahui bahwa basket sebenarnya mengadopsi permainan masa kecil bapak James Naismith yang bernama “duck on a rock”. Hal ini terletak pada bagaimana seseorang bisa menciptakan skor dengan melemparkan bola. Pertimbangan lain kenapa jaring diletakkan diatas masih berkaitan dengan tuntuan Dr. Luther Gulick. Dalam pandangan James Naismith ring berada diatas kepala Adalah cara paling aman agar pemain tidak saling berbenturan saat ingin menciptakan skor.

Selain membuat 4 tujuan permainan bola basket. Bapak James juga membuat 13 peraturan awal yang pada dasarnya ditujukan untuk mendukung idenya tersebut. 13 permainan bola basket pernah saya bahas diartikel lain. Silahkan merujuk ke link tersebut untuk pembahasan lengkapnya.

Demikian semoga sharing kecil-kecilan ini bisa bermanfaat bagi temen-temen yang sedang mencari jawaban atas pertanyaan apa tujuan dari permainan bola basket. Semoga kedepannya jawaban teman-teman lebih bervariatif. Jangan hanya jawab agar badan sehat bugar, selamat sentosa di dunia. Ya memang kalau olahraga itu pada akhirnya akan membuat tubuh kita menjadi bugar. Nantikan pembahasan selanjutnya mengenai bola basket. Salam Basket!